Penyembuhan Gigitan Ular Bisa Sampai Rp 30 Juta - Edukasi Exalos

Breaking

Home Top Ad

Main Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 16, 2021

Penyembuhan Gigitan Ular Bisa Sampai Rp 30 Juta

Beberapa akun toko online merilis harga-harga SABU (Serum Antibisa Ular) yang harganya rata-rata di kisaran Rp 500-700 ribu, untuk dosis 250 miligram (mg) atau satu botol kecil. Maka, bila terjadi kasus gigitan fatal ular berbisa (pada orang dewasa) dan dibutuhkan dosis sebanyak 10 mg per 15 menit untuk penanganan pertolongan nyawa, dalam 1 jam saja tercatat 40 mg SABU yang harus disuntikkan ke dalam tubuh. Kemudian apabila ternyata proses penyembuhan membutuhkan waktu hingga, katakanlah tiga hari, maka dosis yang dibutuhkan adalah 40 mg dikali 72 yakni 2.880 mg SABU.


Dosis sebesar 2.880 mg tersebut, bila dihitung secara finansial, hasilnya adalah sekitar 12 botol kecil SABU atau seharga Rp 600 ribu dikali 12, yakni Rp 7,2 juta. Itu baru tiga hari. Sementara rata-rata orang yang terkena gigitan fatal ular berbisa (yang SABU tersedia), baru bisa sembuh sempurna dalam waktu sekitar 7 sampai 10 hari (Alomedika, 2020). Sehingga uang yang harus dikeluarkan untuk menghadapi permasalahan ini adalah sekitar Rp 15 hingga Rp 25 juta, bahkan di atas Rp 30 juta.


Sumber foto : Koptu (Inf) Janu W. Widodo | Exalos Indonesia 


Maka, sahabat Exalos di manapun berada, tetaplah waspada dan rasional. Selalu dicamkan bahwa keamanan (safety) adalah hal yang paling utama dalam menghadapi ular berbisa, baik yang berkadar bisa tinggi (terutama ini) ataupun yang menengah dan rendah. Karena kita tak pernah tahu, bagaimana kondisi kesehatan riil kita ketika sedang tergigit ular. Ketika kondisi badan sedang kurang fit apalagi tidak fit, maka problem yang ditimbulkan pun akan semakin besar.


Catatan: Kondisi yang dipaparkan di atas, adalah kondisi yang terpaksa harus dilakukan secara medis, apabila kadar bisa ular tersebut sudah menimbulkan masalah kesehatan secara sistemik. (Alodokter, 2020)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here