Exalos Indonesia? Kenalan donk, jangan julid duluan

Hari ini Exalos dapat pertanyaan menarik nih dari seorang kawan. Pertanyaannya unik, bisa dilihat di dialog di bawah ini. Dan tanggapan Exalos dari dialog tersebut, langsung dari Ketua Exalos Indonesia, Janu W. Widodo. Mari simak bersama dialognya.


Kawan

Kalo gue liat, Exalos ini kerjanya bukan aja nangkep ular, tapi ngusir tawon. Kok bikin gue bingung ya?


Exalos 

Bingung kenapa bro?


Kawan

Itu loh, kalo ketemu ular berbisa di rumah, seharusnya berdasarkan ajaran agama, baik Islam maupun non Islam, harusnya khan dibunuh. Tapi kok malah di rescue? Lalu tawon. Kalo menurut aturan agama Islam dan juga Kristen, harusnya khan haram dibasmi. Nah kok ini malah dibasmi? 


Exalos:

Oke, semoga penjelasan ini bisa dipahami ya. Ular berbisa, dia tetap memiliki fungsi. Pertama soal ular. Diperbolehkan membunuh ular, bila awam atau mengancam keselamatan. Cek lagi bunyi hadits tersebut (bagi yang muslim). Kami melakukan rescue ular itu, yang diutamakan adalah manusia selamat kemudian ularnya selamat. Perlu diketahui juga, di luar negeri sana, orang sudah tidak lagi mempertimbangkan soal dibunuh berdasarkan agama. Bahkan ular sudah dimanfaatkan sebagai pendukung ilmu pengetahuan.


Kawan

Oh gitu ya. Kalau potensinya bahaya mending bunuh gitu ya?


Exalos

Ya. Pada intinya, aturan agama itu khan kontekstual. Jaman dulu sudah sangat berbeda dengan sekarang. Penggalian pengetahuan masih sangat sedikit, sehingga opsi untuk melaksanakan tindakan terpaksa, termasuk membunuh ular berbisa, banyak dilakukan. Sedangkan sekarang, sudah ada ilmu pengetahuan tentang penanganan ular. Dan satu lagi, meski boleh saja membunuh ular, demi keselamatan diri (bagi yang awam) tadi, tetap saja upaya membunuh ular bisa berbahaya. Karena hal itu merupakan bentuk provokasi, sehingga ular jadi menyerang. Jadi, membunuh adalah (lagi-lagi) pilihan akhir.

Coba simak dulu deh tayangan ini:


Adapun bahaya membunuh ular di jangka panjang adalah kerusakan ekosistem. Ular berbisa itu, juga mengendalikan ular lain. Mereka bisa kanibal atau juga ophiophagy atau memakan ular lainnya. Jadi rantai makanan ini yang patut dijaga. Situ dulu pernah belajar biologi ya kan? Pasti ingat dong tentang rantai makanan. Siapa yang berada di puncak rantai makanan dan siapa yang berada di bottom leval. Coba pelajari lagi, supaya lebih memahami keseimbangan alam.


Kawan

Nah kalo tawon, gimana tuh?


Exalos

Bro, yang dilarang di bunuh itu lebah. karena manfaatnya lebih besar dari mudharat. Sedangkan tawon lebih besar mudharat di banding manfaatnya. Dan perlu diketahui, tawon di hutan tidak kita basmi. Hanya yang dekat pemukiman dan membahayakan aja bro.


Kawan

Oh siap. Sudah cukup terang benderang sekarang nih. Makasih yak.


Exalos

Sama-sama. Jangan ragu untuk menghubungi kami bila ada masalah yang bisa kami bantu sesuai keahlian kami di Exalos Indonesia.

Post a Comment

0 Comments