Musim Penghujan, Waspada Ular Merangsek

Puncak musim hujan -selain membuat kita harus waspada terhadap potensi genangan air bahkan banjir, juga harus waspada terhadap potensi lain yang dipengaruhi oleh tingginya curah hujan. Bulan Januari hingga Maret adalah musim hujan yang berada di puncaknya, dan ular-ular baru bermunculan di periode ini.

Kita semua paham bahwa musim kawin ular adalah ketika menjelang periode musim hujan. Dan ketika mulai memasuki musim hujan, banyak telur-telur ular yang menetas dan juga ular lain yang melahirkan anak-anaknya. Mereka langsung mengaktifkan 'mode' berburunya bahkan ketika baru lahir sekalipun. 

Tak heran, akan banyak kita temukan ular-ular muda di sekitaran pojok-pojok kawasan atau sudut ruangan, serta di lubang-lubang tikus dan tumpukan benda-benda atau barang-barang. Karakter mereka berburu adalah menyelinap dan cenderung menyergap. Itulah sebabnya mereka sering ditemukan di tempat yang banyak tumpukan barang.




Maka berhati-hatilah bila musim hujan tiba, kita sering berada di dekat tumpukan barang atau ketika memindahkan barang tersebut. Dan inilah beberapa kejadian ular masuk rumah yang terjadi pada sekitar satu bulan ke belakang pada periode Oktober-November 2022 yang ditangani Exalos Indonesia.


Ular sanca di Madiun, Jawa Timur, Oktober 2022


Ular ijo Gonyosoma di Purworejo, Jawa Tengah, Oktober 2022 


Ular tikus di Yogyakarta, Oktober 2022


Kobra Jawa di Cipayung, Jakarta Timur, November 2022


Daerah hunian atau aktivitas Anda kemasukan ular? Hubungi Ketua Exalos Indonesia, Janu W. Widodo, di nomor WhatsApp ini: 089610404414

Post a Comment

0 Comments