WA Layanan Rescue

Mengenal lebih dekat Beo Nias, burung kebanggaan dan identitas warga Pulau Nias

 

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Gracula_religiosa_robusta-02.JPG


Halo teman teman, kita ketemu kembali di penghujung akhir tahun, ngomong ngomong teman – teman Sobat Exalos mau ngadain kegiatan apa nih buat ngerayain malam tahun baru 2023?

Berhubung sambil menunggu waktunya tahun baru, kebetulan banget admin mendapatkan request dari Salah satu akun Facebook bernama Kak Faris untuk mengulas tentang Burung Beo. Dan maka dari itu Hari ini Admin akan mengulas tentang  “Mengenal Lebih Dekat Burung Beo Nias, Burung Kebanggaan Dan Identitas  Warga Pulau Nias” untuk selengkapnya, yuk kita simak ulasannya di bawah ini. Come on and let’s check it out.  

Burung Beo Nias merupakan salah satu subspesies burung yang memiliki nama illmiah Gracula religiosa robusta. Oh iya  burung Beo Nias masih satu keluarga dengan spesies burung jalak lainnya, yaitu berasal dari famili Saturnidae.

 

DESKRIPSI FISIK

Burung Beo Nias memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan lebih terlihat gagah dari pada spesies burung beo lainnya, yakni kurang lebih sekitar 30-36 cm. Dan untuk berat tubuhnya kurang lebih sekitar 400 gram. Selain itu, ciri lain yang membedakan Beo Nias dengan spesies beo lainnya adalah terlihat pada cuping telinganya yang bewarna kuning mencolok. Biasanya, cuping telinga spesies beo lainnya terpisah. Sementara untuk cuping Beo Nias menyatu di belakang kepala yang bentuknya menggelambir ke arah leher.

 

http://mazmuzie.blogspot.com/2015/05/beo-nias-gracula-religiosa-robusta.html

Untuk ciri warna bulu pada tubuh Beo Nias adalah berwarna hitam pekat, pada bagian bulu sayapnya terdapat sedikit bulu yang berwarna putih. Selanjutnya pada bagian kepalanya, terdapat sepasang pial yang berwarna kuning di kedua sisinya, Iris matanya berwarna coklat gelap, dan bentuk paruhnya runcing dengan warna kuning agak oranye. Terakhir, memiliki jari-jari bewarna kuning yang berjumlah empat buah. Tiga buah jarinya menghadap ke depan, sedangkan satunya menghadap ke belakang. 

 

HABITAT DAN MAKANAN

Untuk habitatnya burung Beo Nias sendiri termasuk burung diurnal yang aktif di siang hari. Biasanya mereka berada di pepohonan. Dan untuk makanan utamanya sendiri, burung ini termasuk hewan pemakan buah-buahan (Frugivora) dan juga terkadang burung ini juga doyan memakan biji-bijian, dan serangga (Insectivora). 

 

FAKTA MENARIK DAN UNIK BURUNG BEO NIAS

Untuk fakta menarik dan unik dari burung Beo Nias adalah kemampuannya dalam menirukan banyak suara, bahkan dapat menirukan ucapan manusia secara jelas.   

“Min, kok bisa gitu sih ?”

Yupps, pertanyaan yang sangat menarik, sekaligus mungkin bisa menjawab buat sebagian teman teman yang masih pada pernasaran. 

 

https://alamendah.org/2010/05/24/beo-nias-burung-endemik-peniru-ulung/beo-nias-gracula-religiosa-robusta/


Seperti yang kita ketahui burung Beo Nias merupakan salah satu contoh subspesies burung Passerine osine (Burung Pengicau) dan mimic vocal. Kemampuan tersebut dapat dimiliki karena, memiliki bagian otak yang disebut dengan song system. Song System sendiri merupakan bagian otak yang berfungsi untuk menyimak suara. Sebagaimana yang dilaporkan oleh Erick Jarvis dalam jurnal ilmiahnya berjudul “ Plos One”.

Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh Jarvis bersama tim peneliti lainnya, pada bagian otak yang bernama Song System. Song System terdapat dua lapisan yaitu Inner Core (inti) dan lapisan Outer Shell (lapisan luarnya ). Pada lapisan Inner Core sama seperti yang dimiliki oleh semua spesies burung lainnya. Namun, pada bagian Outer Shell inilah yang hanya dimiliki oleh beberapa spesies burung, salah satu contohnya adalah burung Beo Nias yang memiliki kemampuan meniru suara secara terperinci.
 
 
 

Selain itu, kemamapuan ini didukung pula oleh Organ Syrinx. Organ Syrix tersebut bentuknya mirip seperti laring pada bagian atas trakea manusia. Jadi cara fungsi kerjanya adalah, saat burung beo mencoba untuk menirukan suara, suara tersebut melewati tenggorokan dan paruh, lalu dimanipulasi oleh lidahnya.

Dan kemampuan alami yang dimiliki burung beo inilah, selain digunakan untuk menarik pasangan betina untuk dapat meniru berbagai macam suara yang berbeda, juga digunakan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri di lingkungannya.


 
REPRODUKSI DAN PERKEMBANG BIAKANNYA

Untuk reproduksinya sendiri biasanya musim bertelur burung Beo Nias berlangsung pada Desember hingga Mei. Saat musim bertelur, Beo Nias akan membuat sarang dengan cara melubangi pohon bersama pasangan dan kawanannya. Sekali bertelur, Beo Nias dapat menghasilkan jumlah 2 hingga 3 butir telur. Kemudian, lama masa pengeramannya kurang lebihnya berlangsung selama 3 minggu.

 

https://www.gosumatra.com/beo-nias-sumatera-utara/

 


DISTRIBUSI PERSEBARAN DAN STATUS KONSERVASI

Untuk distribusi persebarannya burung Beo Nias termasuk burung endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Nias, Sumatera Utara. Burung Beo Nias sendiri menjadi maskot dan kebanggaan untuk warga Sumatera Utara khususnya warga Pulau Nias. 

Untuk status konsevasinya oleh IUCN burung ini dikategorikan sebagai status “Critically Endangered” yang berarti terancam kritis menghadapi kepunahan. Hal ini dikarenakan, selain perburuan liar karena tingginya permintaan pasar untuk dijadikan sebagai burung kicau peliharaan dan juga termasuk burung endemik yang hanya ditemukan di Pulau Nias. Oleh karena itu burung Beo Nias dimasukkan kedalam daftar hewan yang dilindungi oleh Pemerintah sesuai P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018. 


 

https://www.zegahutan.com/2021/03/beo-nias-klasifikasi-pengenalan-habitat.html


Nah, itu dia teman teman ulasan untuk artikel hari ini tentang “Mengenal Lebih Dekat Beo Nias, Burung Kebanggaan Dan Identitas  Warga Pulau Nias”. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan buat teman teman, dan juga terima kasih banyak buat Kak Faris yang beberapa waktu yang lalu telah request, sehingga dapat menjadi topik yang sangat menarik dan bermanfaat untuk banyak orang, khususnya kepada masyarakat secara luas. Sampai ketemu kembali di postingan selanjutnya.

 

Link Referensi :

https://animalia.bio/nias-hill-myna 

http://datazone.birdlife.org/species/factsheet/nias-hill-myna-gracula-robusta/text

https://www.gosumatra.com/beo-nias-sumatera-utara/ 

https://tekno.tempo.co/read/1542360/mengapa-burung-beo-bisa-dilatih-berbicara-seperti-manusia

 https://www.halodoc.com/artikel/inilah-alasan-burung-beo-bisa-menirukan-suara-manusia

 
 

Post a Comment

0 Comments