WA Layanan Rescue

Burung Jakana Afrika, Si Monster Berkaki Banyak yang hobi berpoliandri


 

Setelah kemarin admin secara berturut – turut mengulas tentang keanekaragaman Fauna yang ada di Indonesia, sekarang giliran Admin akan mengulas keanekaragaman Fauna yang ada di Dunia. Seperti tujuan Admin daridulu yaitu akan selalu mengulas Hewan yang unik, jarang diketahui, dan out of the box.

Di Ulasan Hari ini admin akan mengulas tentang burung Jacana. Alasan mengapa hari ini admin mengulas burung ini adalah karena selain hobi Perilaku Betinanya yang sangat Playgirl sekali, juga memiliki kaki yang banyak. 

“Min, itu asli atau editan ?” 

Mau tahu apa mau tahu banget nih ?, yang udah merasa ingin tahu banget dan pernasaran dengan jawabannya langsung saja simak dan juga jangan lupa baca Ulasannya sampai habis  di bawah ini ya teman - teman supaya tidak missinformasi. 

Burung Jakana Afrika yang dalam nama ilmiah disebut dengan Actophilornis africana  merupakan spesies burung Charadriiformes (kelompok anggota spesies burung yang tinggalnya tidak jauh dari lingkungan sekitar perairan). Dan juga, berasal dari famili Jacanidae.

 

DESKRIPSI FISIK 

 


 

Burung Jakana Afrika memiliki ukuran tubuh maksimal kurang lebih sekitar 30 Cm. Dan biasanya ukuran tubuh Betina lebih besar daripada Jantan. Ciri khas warna pada tubuh Burung Jakana adalah bewarna Cokelat dengan ujung sayapnya bewarna hitam. Kemudian, memiliki warna bercak orange pada dadanya dengan warna bulu pada kepala dan lehernya yang bewarna putih. Dan juga terdapat warna strip hitam yang terletak pada bagian belakang lehernya hingga mata. Selanjutnya, pada ujung paruh bewarna biru pucat. Terakhir Ciri fisik dari burung ini yang lain adalah memiliki jari kaki dan cakar yang sangat panjang serta Ramping.

 

HABITAT DAN MAKANAN BURUNG JAKANA AFRIKA

 


Untuk habitat burung Jakana Afrika adalah berada di lingkungan yang tidak jauh dengan perairan. Burung ini termasuk hewan diurnal (yang beraktifitas di siang hari), biasanya burung ini hinggap dan berjalan diatas permukaan daun teratai untuk mencari makanan  seperti serangga, Siput, kepiting, dan ikan kecil.

 

FAKTA MENARIK BURUNG JAKANA AFRIKA 

 


nah, ini yang pasti ditunggu tunggu oleh teman – teman. Fakta unik dari burung jakana afrika adalah terlihat memiliki jumlah kaki yang banyak. Ngomong – ngomong mengapa burung ini bisa terlihat  nampak memiliki jumlah yang banyak ?. Jawabanya disebabkan karena burung ini sedang menyembunyikan anak - anaknya dengan cara menggunakan sayapnya untuk menjepit dan menggendong anak - anaknya. biasanya Jakana Jantan yang bertugas menjaga dan merawat anak – anaknya. 

 


 

Kemudian fakta unik selanjutnya adalah perilaku dan sifat Burung Jakana Betina Yang sangat berkebalikan daripada perilaku burung Jantan, yaitu bersifat Poliandri. Burung Jakana betina, hanya bertugas bertelur lalu pergi meninggalkan telurnya untuk kawin dengan pejantan jakana afrika lain. Selain itu Jakana Betina bersifat teritori. Karena sifat teritorinya itu Jakana betina akan membunuh Bayi burung Jakana lain yang bukan anaknya.

 


Fakta unik yang terakhir dari burung jakana afrika adalah memiliki kemampuan berjalan diatas berjalan diatas permukaan daun teratai. Kemampuan tersebut didapat karena, burung jakana afrika memiliki jari kaki dan cakar yang panjang. Sehingga dengan jari kaki dan cakar panjang yang dimilikinya tersebut berfungsi untuk mendistribusikan berat tubuhnya secara merata dan tidak tenggelam saat sedang berada diatas permukaan daun teratai.

 

REPRODUKSI DAN PERKEMBANGBIAKAN BURUNG JAKANA AFRIKA

 


 

Untuk reproduksi dan perkembangbiakan induk betina burung jakana afrika, sekali bertelur dapat mengeluarkan hingga 4 butir. Biasanya akan meletakkan telurnya disarang yang berada diatas permukaan daun teratai. Setelah bertelur, Jakana Afrika akan pergi dan meninggalkan sarangnya untuk kawin bersama pejantan lain. Lalu jakana afrika jantan yang bertugas mengerami telur, menjaga dan merawat anak anaknya. Masa pengeraman telur jakana afrika kurang lebih selama sekitar 25 – 35 hari. Untuk lama usia maksimal Jakana Afrika rata – rata dapat hidup kurang lebih hingga berusia 5 hingga 10 Tahun.

 


 

 

DISTRIBUSI PESEBARAN DAN KONSERVASI BURUNG JAKANA AFRIKA

 


 

Untuk distribusi pesebaran burung jakana afrika cukup meluas ya teman – teman. Karena burung ini dapat ditemukan hampir di 40 negara yang berada di sub sahara benua afrika. Mulai dari negara mauritania hingga ke Sudan, bahkan sampai ke Afrika Selatan. Untuk status konservasi oleh IUCN, burung dimasukkan kedalam kategori status “Least Concern” yang berarti memiliki “Resiko Rendah”. Hal ini dikarenakan perilaku Jakana Afrika betina  yang suka berpoliandri alias Doyan Kawin, sehingga membuat populasinya selalu stabil di alam.

 


 

Oh iya itu dia ya teman – teman untuk ulasan dan penjelasan lengkapnya tentang Burung Jakana Afrika, Si Monster Berkaki Banyak Yang Hobi Berpoliandri. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru buat teman – teman semuanya. Dan juga harap dibaca ulasannya sampai habis, jangan sampai menjadi missinformasi apalagi dibagikan ke grup Whatapps keluarga. Sekian dan terima kasih sampai jumpa di ulasan selanjutnya ya. 

 

Sumber Foto : 

https://www.re-tawon.com/2022/04/jacana-afrika-burung-berkaki-banyak.html

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Actophilornis_africana_-Kakegawa_Kacho-en%2C_Kakegawa%2C_Shizuoka%2C_Japan-8a.jpg 

https://id.wikipedia.org/wiki/Jakana_Afrika#/media/Berkas:Actophilornis_africanus_MHNT.ZOO.2010.11.2.23.jpg

https://www.oiseaux.net/photos/dietmar.petrausch/images/jacana.a.poitrine.doree.dpet.2g.jpg 

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/85/African_Jacanas_%28Actophilornis_africanus%29_mating_%2811465019856%29.jpg 

https://www.inaturalist.org/photos/179809856 

https://www.inaturalist.org/observations/31658283 

https://www.inaturalist.org/observations/106966844 

https://www.inaturalist.org/observations/138319724 

https://cdn.upsocl.com/wp-content/uploads/2020/01/3-5e2f09cf3dd7d__700-1.jpg 

https://cdn.upsocl.com/wp-content/uploads/2020/01/9-5e2f09dd48637__700.jpg 

Sumber Referensi

https://www.iucnredlist.org/species/22693528/93410506 

https://southafrica.co.za/african-jacana.html

https://a-z-animals.com/animals/african-jacana/



Post a Comment

0 Comments