WA Layanan Rescue

Garangan, keluarga mongoose pemakan ular

Bicara tentang ular, maka kita bicara juga tentang predatorisme atau hubungan antara dua makhluk hidup, dimana salah satu makhluk hidup memangsa makhluk hidup lainnya.

Ular, seperti diketahui, memangsa mahluk hidup lain untuk kelangsungan hidupnya. Kemudian, apakah ada yang memangsa ular? Tentu ada. Bahkan sesama ular pun bisa memangsa, seperti king cobra (Ophiophagus hannah) memangsa ular lainnya.


Tapi pertanyaan sesungguhnya, adakah hewan pemangsa ular selain king cobra itu sendiri? Ada. Dialah keluarga Herpestidae atau mongoose yang oleh masyarakat Indonesia lebih dikenal sebagai garangan.
Hewan ini dibilang sebagai pemakan ular, karena di rantai makanan memang dia memangsa ular. Di dalam tubuh garangan terdapat nicotinic acetylcholine receptor yang berfungsi melindungi dirinya dari bisa (venom) ular. 




Hanya ada empat taksa mamalia yang tubuhnya memiliki reseptor tersebut, lantaran mutasi lingkungan. Cara kerja reseptor tersebut adalah dengan glycosylation yaitu enzim yang menjadi katalisator bagi reseptor tadi.


Dengan adanya enzim tersebut, tubuh garangan mampu menolak pengaruh bisa ular. Ketika tubuhnya digigit ular dan kemasukan bisa mematikan ular, yang terjadi selanjutnya garangan akan pingsan sejenak. Tak sampai 5 menit, dia akan bangun lagi dan kembali mencari jejak ular yang menggigitnya.

Post a Comment

0 Comments