WA Layanan Rescue

Kiamat yang akan terjadi di bumi jika Paus Biru punah

 


Teman - teman, kita tentunya sudah tahu tentang Paus, yaitu merupakan hewan mamalia raksasa yang tinggal di lautan dalam. dan juga, Paus sendiri memiliki ragam spesiesnya. Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu atau belum menyadarinya bahwa mamalia raksasa laut ini menjadi kunci penting untuk Masa depan Bumi Kita dalam menghadapi Ancaman Pemanasan Global.

di ulasan hari ini Admin akan mengulas tentang Paus Biru. Sekaligus memberi penjelasan alasan betapa pentingnya menjaga kelestarian hewan ini, mengingat keberadaan hewan ini bisa menjadi penentu masa depan bagi Bumi, beserta masa depan bagi peradaban Generasi kita juga di masa depan. untuk ulasan selengkapnya, langsung saja simak dibawah ini.

Paus biru atau nama ilmiahnya adalah Balaenoptera musculus yang merupakan berasal famili Balaenopteridae dan termasuk kedalam golongan Subordo Paus Balin (toothless whale)

 

DESKRIPSI FISIK

Paus Biru Memiliki bentuk kepala yang datar dan jika dilihat dari atas nampak terlihat berbentuk seperti huruf "U" dan ukuran panjang tubuh diperkirakan maksimal kurang lebih sekitar 33 meter, dan berat maksimalnya hingga kurang lebih mencapai 190 Ton menjadikan hewan ini sebagai mamalia laut terbesar di planet bumi. dan umumnya Paus Biru Betina memiliki ukuran yang lebih besar daripada Paus Jantan. untuk ciri fisik pada tubuhnya, Paus Biru memiliki warna Biru keabu - abuan, dengan terdapat bintik - bintik bewarna putih yang terlihat lebih mencolok terutama pada bagian bahu dan punggungnya. kemudian, pada bagian bawah perutnya yang bewarna biru  terdapat semburat bewarna kekuningan. dan memiliki sirip punggung pendek yang panjangnya kurang lebih 35 Cm.

 


 

Paus Biru merupakan spesies mamalia yang memiliki rahang atas terluas diantara anggota genusnya dan memiliki bagian garis guratan pada bagian tenggorokannya berjumlah 50 - 90. yang memanjang dari dagu hingga pusar. 

 


HABITAT DAN MAKANAN PAUS BIRU  

 


 
untuk habitat Paus Biru sendiri berada di perairan lautan samudera yang dalam dan makanan utama paus biru adalah krill (krustasea kecil)  dan plankton.  dan seperti tadi yang telah admin sebutkan diatas, Paus Biru tidak memiliki gigi tajam melainkan hanya memiliki Balin ya teman - teman. Balin sendiri merupakan bagian tubuh yang berada di dalam rongga mulutnya yang berbentuk seperti sisir. dan memiliki fungsi untuk menangkap dan menyaring makananya berupa krill, plankton, dan ikan kecil dari air laut.

 

FAKTA UNIK PAUS BIRU

 


 

Ada yang unik dari paus biru ini, terutama saat sedang memakan krill, dalam sehari, Paus Biru sanggup menghabiskan 40 juta ekor krill, atau kalau ditimbang beratnya sekitar 3 hingga 4 ton krill. selanjutnya adalah Hewan ini memiliki indera peraba dan pendengaran yang tajam. Paus biru mengelurakan bunyi selain sebagai alat untuk berkomunikasi juga sebagai sonar untuk navigasi, dan suara hewan ini bisa terdengar hingga ratusan kilometer di bawah laut. Meskipun hewan ini adalah hewan raksasa tetapi paus bukan hewan yang berbahaya dan belum ada kasus serangan paus biru terhadap manusia.

 

YANG AKAN TERJADI JIKA PAUS BIRU PUNAH

jadi begini, dampak mengerikan yang akan terjadi apabila Paus Biru punah adalah selain rusaknya rantai makanan pada ekosistem laut juga, akan berefek pada pemanasan Global sehingga suhu bumi akan menjadi naik. 

Min, Kenapa bisa berefek pada pemanasan global ? 

Yupps jadi begini penjelasannya, Pada saat paus biru membuang kotoran, kotoran paus biru tersebut akan menjadi makanan bagi jutaan dan milyaran bagi fitoplankton. Dan perlu wajib kita ketahui bahwa fitoplankton memiliki peran besar sebagai penyedia oksigen utama dibumi. hal ini disebabkan karena Fitoplankton memiliki kemampuan untuk berfotositesis. sehingga, dari proses fotosintesinya fitoplankton selain  menghasilkan oksigen, juga menyerap gas karbon Yang ada di bumi. hingga sebesar 37 miliar ton Co2 yang bisa disetarakan sama dengan seperti empat hutan Amazon atau sebesar 70 kali lipat dari jumlah CO2 yang diserap oleh pepohonan di US Redwood National and State Parks dalam setiap tahunnya.

 


Selain itu, fitoplankton juga sebagai makanan utama bagi biota laut kecil lain dan udang krill itu sendiri. Lalu apa yang terjadi apabila paus terutama paus biru punah ? Yang terjadi adalah, saat paus biru punah jumlah fitoplankton menjadi berkurang dan habis, karena populasi krill menjadi banyak, kemudian bumi kehilangan salah satu yang bisa membantu peran terbesar dalam penyerapan karbon selain hutan tropis yang ada di daratan.

 


 

Efeknya yang terjadi adalah Suhu Bumi menjadi naik sehingga terjadilah pemanasan global yang sangat parah, jadi teman - teman bisa dibayangkan sendiri kan semengerikan apa kerusakannya.

 

REPRODUKSI DAN PERKEMBANGAN PAUS BIRU

 


untuk reproduksi dan perkembangbiakan paus biru betina dalam kematangan seksualnya saat telah mulai berusia lima tahun. sekali melahirkan paus betina berjumlah satu ekor dan sangat jarang Paus Biru betina melahirkan anakanya kembar. bayi paus biru yang baru lahir berukuran panjang kurang lebih sekitar 7 -8 meter dan  dalam pertumbuhannya Paus Biru dapat mencapai berat hingga 90 Kg. Lalu, Rentang jarak kehamilan setelah melahirkan Paus biru adalah sekitar 2-3 tahun. Terakhir, usia harapan hidup paus biru sama seperti manusia, rata – rata Umur Paus biru dapat mencapai usia 90 Tahun, bahkan ada yang sampai berumur 110 Tahun.

 

DISTRIBUSI PESEBARAN DAN KONSERVASI PAUS BIRU

 

 


Untuk pesebaran populasi paus biru dapat ditemukan hampir di seluruh perairan samudera ya teman – teman. Mulai dari samudera Atlantik, Samudera Hindia, Samudera Pasific, dan Samudera Arktik. Untuk status konservasi IUCN, Paus Biru dimasukkan kedalam ketegori “Endangered”  yang dapat diartikan “Terancam”. Dan di Indonesia Paus Biru sendiri dimasukkan kedalam daftar hewan dilindungi oleh Pemerintah sesuai dengan P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

Alasan utama mengapa Paus Biru dilindungi adalah selain untuk mencegah perburuan secara masif yang dilakukan oleh Manusia terhadap Paus Biru, juga Paus Biru termasuk mamalia yang memiliki reproduksi yang sangat lambat, yaitu setiap 2 – 3 tahun sekali. Sehingga, membuat hewan ini sangat terancam terhadap kepunahan.

Nah, itu dia teman – teman tentang “kiamat yang akan terjadi di bumi, jika  paus biru punah.” semoga dapat menambah wawasan sekaligus memberi kita kesadaran untuk lebih menyayangi dan mencintai alam disekitar kita. terutama terhadap eksistensi keanekaragaman satwa liar disekitar kita. dan sampai jumpa di ulasan selanjutnya ya. 

 

Sumber Foto :   

http://animal.memozee.com/view.php?tid=2&did=41062&lang=kr

https://www.inaturalist.org/photos/194385336 

https://www.britannica.com/animal/blue-whale

https://id.quora.com/Apa-hewan-terbesar-sepanjang-masa 

https://sains.sindonews.com/read/935557/766/paus-biru-konsumsi-435-kg-mikroplastik-setiap-hari-ilmuwan-khawatir-dampak-buruknya-1667898673

https://www.kompas.com/sains/image/2022/06/20/204500923/2-macam-gigi-paus-gigi-dan-balin-begini-perbedaannya?page=1 

https://wwfwhales.org/news-stories/whales-on-the-move

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220823153852-199-838115/5-cara-kiamat-menurut-pakar-apa-saja/2 

https://www.worldwildlife.org/stories?species_id=blue-whale 

https://wwhandbook.iwc.int/en/species/blue-whale

 

Sumber Referensi 

https://animaldiversity.org/accounts/Balaenoptera_musculus/ 

https://www.iucnredlist.org/species/2477/156923585 

https://uk.whales.org/whales-dolphins/whales/ 

https://green.ui.ac.id/ketika-laut-tak-lagi-bersahabat/ 

 

 

Post a Comment

0 Comments