WA Layanan Rescue

Kupu-Kupu Gajah dan fakta unik yang belum diketahui banyak orang

 

Halo teman teman, kita jumpa lagi hari ini bersama admin yang akan mengulas salah satu hewan unik. Teman teman Khususnya anak Era 90’an Pasti udah nggak asing dengan hewan satu ini, yupps ini adalah Kupu-Kupu Gajah. Eits, bentar... Kenyataannya yang asli wewan ini bukan sebangsa kupu-kupu lhoo guys.


“ Lho, Kok Bisa Min ?”

Teman-teman udah pada mulai KEPO ya? Yang pada kepo atau pernasaran banget, yuk kita simak penjelasan selengkapnya langsung di bawah ini.
 

Kupu-Kupu Gajah atau nama ilmiah disebut dengan Attacus atlas yang berasal dari ordo Lepidoptera. Dilihat sekilas memang bentuknya mirip seperti kupu – kupu. Tetapi sebenarnya hewan ini bukan kupu-kupu ya teman-teman, melainkan sebangsa ngengat. Karena Hewan ini merupakan hewan yang berasal dari keluarga beberapa spesies ngengat besar yaitu dari famili Saturniidae.


DESKRIPSI FISIK

Ngengat ini dalam bahasa indonesia diberi nama Kupu – Kupu Gajah karena memiliki ukuran tubuh yang sangat besar daripada spesies kupu-kupu lainnya. Sementara itu, dalam bahasa Inggris disebut dengan “Atlas Moth.” Dan di Pulau Bali ngengat ini memiliki nama sendiri yaitu “Kupu – Kupu Barong”. Karena memiliki ukuran tubuh yang besar, sekaligus memiliki corak mirip barong.

 


 

Untuk ciri fisiknya sendiri, ngengat ini memiliki corak yang bermotif di sayapnya yang bewarna kuning dan oranye kecokelatan. Dan juga memiliki ukuran rentang sayap yang lebar bahkan lebarnya sendiri bisa mencapai kurang lebih sekitar 25 cm. Dan pada antenanya meruncing dan berbulu halus. Lalu, pada betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan lebih berat dari pada jantan.

  

FAKTA UNIK YANG BELUM DIKETAHUI BANYAK ORANG  

Fakta unik yang pertama adalah ngengat ini memiliki umur yang pendek, yaitu kurang lebih hanya selama 2 minggu saja. Hal ini dikarenakan ngengat ini tidak memiliki mulut.

Jadi hewan ini hanya dapat makan saat masih berbentuk ulat, sementara ketika telah bermetamorfosis menjadi ngengat, akan kehilangan mulutnya. Untuk dapat bertahan hidup, ngengat ini hanya mengandalkan cadangan makanan yang disimpan di dalam tubuhnya yang mereka dapat saat sedang masih berwujud ulat.

Fakta unik yang kedua adalah saat masih berwujud ulat, ngengat ini memiliki ukuran yang besar. sering disebut dengan “ulat keket”. Ukuran tubuh ulat keket sendiri memiliki panjang maksimal kurang lebih bisa mencapai 12 cm.

 


 

Saat sedang menjadi ulat keket, mereka akan mengkonsumsi daun pohon sirsak dan rambutan. Dan lamanya menjadi ulat keket hanya selama 5 – 7 minggu saja.

Fakta unik ketiga adalah cara pertahanan diri yang sangat unik, ketika ngengat ini sedang menghadapi pemangsanya. Saat sedang merasa terancam, ngengat ini akan memanfaatkan corak yang berbentuk seperti kepala ular dengan cara menggerak gerakkan sayapnya sehingga sekilas mirip seperti kepala ular. 

 

PEMANFAATANNYA BAGI MANUSIA

 


 

Pemanfaatan dari kepompong ngengat ini bagi manusia yaitu dapat menghasilkan benang kain sutera. Kelebihan benang sutera yang dihasilkan ulat ini saat menjadi kepompong adalah kain suteranya lebih sejuk untuk dipakai, tahan kusut, dan lebih halus. Di Jepang, India, dan Cina telah mengembangkan ulat ini sebagai penyokong industri ekonomi untuk menghasilkan produk kain sutera. Dan di India disebut dengan “Fagara”.

 

DISTRIBUSI PESEBARANNYA

Untuk pesebaran ngengat ini dapat ditemukan mulai dari India, Srilanka, negara-negara di Asia Tenggara hingga Australia bagian utara. Sementara di Indonesia sendiri, hampir dapat ditemukan di seluruh pulau. Dan juga di Indonesia sendiri memiliki 8 spesies. Ngengat ini yang berasal dari Genus Attacus.

 


 

 

Nah itu dia teman – teman ulasan untuk artikel ini tentang  Mengenal Lebih Dekat Kupu Kupu Gajah, Dan Fakta Unik Yang Belum Diketahui Banyak Orang”. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan buat teman – teman. Tentunya siapa tahu ada teman – teman yang ingin mencoba untuk mengembangkan dalam pemanfaatan ngengat ini untuk menjadikan sebuah komoditi yang ekonomis dan bermanfaat, sehingga dapat menciptakan komoditi baru dan tentunya membantu Pemerintah dalam memajukan roda pekonomian negeri kita tercinta ini.

 

Sumber Foto 

https://www.inaturalist.org/photos/138503737?size=medium 

https://www.inaturalist.org/photos/1302287?size=medium

https://www.inaturalist.org/photos/26279662 

https://www.inaturalist.org/photos/30051622

https://en.wikipedia.org/wiki/File:Ataccus_atlas.jpg 


Link Referensi

https://gardeninsects.biologi.ugm.ac.id/2017/07/21/potensi-dan-tantangan-budidaya-ulat-sutera-liar-atakas-attacus-atlas-l-dengan-menggunakan-tanaman-gempol-nauclea-orientalis-l/

https://id.wikipedia.org/wiki/Kupu-kupu_gajah

http://ksdae.menlhk.go.id/info/5420/ini-loh-beda-kupu-kupu-dan-ngengat.html 

https://kehutanan.sariagri.id/98623/fakta-unik-kupu-kupu-gajah-nyengat-terbesar-yang-punya-sayap-mencolok

 


Post a Comment

0 Comments