WA Layanan Rescue

Orange Bellied Ringneck, ular pemangsa serangga yang dilupakan

 


tidak terasa sekarang sudah hari Rabu saja ya Teman – teman. Ngomong ngomong, setelah kemarin kita belajar untuk mengenal tentang salah satu Hewan Amfibi Katak Kongkang Racun, hari ini admin akan mengulas tentang salah satu spesies Ular yang unik dan paling jarang diketahui bahkan dibahas di Indonesia. 

Yupps, namanya adalah Ular Orange Bellied Ringneck. Dan kebetulan ada salah satu Akun Facebook bernama Kak Biell As’ad ( Qubill ) yang request untuk mengulas salah satu Spesies Ular ini. Dan tak Perlu Berlama – lama lagi langsung saja mari simak ulasan Selengkapnya dibawah ini.

Ular Orange Bellied Ringneck atau dalam nama ilmiah dinamakan Gongylosoma baliodeirus merupakan salah satu Spesies Ular yang berasal dari Famili Colubridae. Dan masih sangat sedikit sekali data informasi tentang ular ini.

 

DESKRIPSI FISIK

Untuk Panjang ular ini bisa terbilang termasuk ular kecil, karena panjang maksimal ketika dewasa kurang lebih hanya sekitar 43 Cm dengan bentuk badannya yang ramping dan pada bentuk Kepalanya berbentuk bundar lebih lebih lebar dari tubuhnya itu sendiri dan moncongnya yang berbentuk tumpul. Lalu, bentuk matanya terlihat lebih besar apabila dibandingkan dengan Ular Ptyas korros. 

 


 

Sementara untuk ciri fisik warna tubuhnya Ular itu sendiri, pada bagian atas Bewarna merah kecokelatan dengan pola bintik bintik cokelat tak beraturan . Dan yang menjadi ciri Khas dari Ular ini adalah warna pada bagian perutnya yang sangat mencolok, yaitu bewarna Orange kecokelatan  hingga ke arah kepalanya pada bagian bawah dan kuning cerah dibagian bawah ekornya. Terakhir adalah terdapat bintik bercak putih pada tiap sisi lehernya.  

 

HABITAT DAN MAKANAN 

 


 
 

Untuk habitat ular ini berada di hutan dataran rendah yang ketinggiannya 600 Mdpl. Ular ini termasuk hewan Diurnal yang aktif di Siang Hari. Mereka menghabiskan hidupnya berada di tumpukan serasah dedaunan yang mati dan di bawah semak – semak. Untuk makanannya sendiri, Ular ini termasuk spesies Ular Pemakan Serangga atau disebut juga dengan Insectivora. dan biasanya, makanan favorit hewan ini adalah Laba – laba, jangkrik, kelabang, dan terkadang juga memangsa Cacing.

 

FAKTA UNIK ULAR ORANGE BELLIED RINGNECK

 


Untuk fakta uniknya tentang Ular ini adalah, termasuk salah satu ular yang paling jarang dan sulit ditemukan keberadaannya. Hal ini dimungkinkan bisa jadi karena selain berukuran relatif kecil, juga tempat hidupnya yang berada di tumpukan serasah dedauan mati. Untuk tingkat bahaya bagi Manusia, tenang saja dan tak perlu khawatir. Karena Ular ini bukan termasuk Ular Berbisa alias Non Venom, Sehingga keberadaannya aman apabila hidup berdampingan dengan Manusia. justru, Keberadaanya bisa sangat bermanfaat, karena ular ini dapat mengendalikan populasi Serangga yang mengganggu bagi sebagian besar Masyarakat, seperti Kecoa, Laba – Laba, dan Kelabang.


DISTRIBUSI PESEBARAN DAN KONSERVASI

untuk distribusi pesebaran populasi ular ini, dapat ditemukan mulai dari Semenanjung Malaysia, Singapura, Brunei, dan Indonesia. Dan di Indonesia sendiri, Ular ini dapat ditemukan mulai dari Pulau Sumatera, kepulauan Natuna, Kepulauan Nias, Kepulauan Riau, Kepulauan Weh, Jawa, Hingga Kalimantan. 

 


 

Status Konservasi oleh IUCN Ular ini termasuk spesies “Least Concen” yang berarti “Berisiko Rendah”. Dan juga yang terakhir, di Indonesia Ular ini bukan termasuk Spesies Hewan Dilindungi.

 

Nah, itu dia teman teman Ulasan untuk artikel hari ini tentang “Si Perut Orange Pemangsa Serangga Yang Terlupakan.” Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan buat teman teman, terakhir terima kasih banyak buat Kak Biell As’ad ( Qubill ) yang beberapa waktu yang lalu telah Request untuk mengulas tentang Spesies Ular ini, sehingga dapat menjadi topik yang sangat menarik dan bermanfaat untuk banyak orang, khususnya kepada masyarakat secara luas. Dan Sampai ketemu kembali di Postingan Selanjutnya ya Teman - teman.

 

Sumber Foto : 

https://www.inaturalist.org/observations/132949401 

https://www.inaturalist.org/observations/37141742

https://www.inaturalist.org/observations/141248131 

 

Sumber Referensi :

https://www.iucnredlist.org/species/191953/2020477

https://reptile-database.reptarium.cz/species?genus=Gongylosoma&species=baliodeira

Lim, P, K, Kelvin & Chapman, Holly. (2019). orange bellied ringneck snake eating spider,102 - 103. Diakses 4 Januari 2023, dari National University of Singapore. 


 

Post a Comment

0 Comments